Jumat, 08 Oktober 2010

SEJARAH BENDERA MERAH PUTIH



               Penggunaan bendera Merah putih sudah terilhami oleh sejarah nenek moyang bangsa kita. Pada jaman Kerajaan Majapahit, sudah ada yang namanya bendera berwarna merah Merah Putih, kemudian ada pasukan yang namanya gula kelapa yaitu pasukan yang menggunakan pakaian yang berwarna merah dan putih.
                Pada masa pergerakkan, warna merah dan putih ini sering dipakai sarana perjuangan dengan cara pemasangan hiasan/dekorasi di ruang-ruang pertemuan (seperti misalnya pada acara Kongres Pemuda II). Banyak organisasi-organisasi Kepemudaan/pergerakan yang menggunakan warna merah dan putih, seperti misalnya PNI.
                Bendera Merah Putih pertama kali dijahit oleh ibu Fatmawati yaitu istri Presiden RI pertama Ir.Soekarno. Bendera tersebut dikibarkan pertama kali oleh Latief Hendranengrat di halaman Gedung yang dipergunakan untuk mengumandangkan teks proklamasi yaitu di Jl. Pegangsaan Timur no. 56 Jakarta. Secara rutin setiap tahunnya bendera Merah Putih yang sekarang dikibarkan di halaman istana Negara setiap 17 Agustus, dan karena usiannya sudah tua. Bendera pusaka kemudian digantikan dengan duplikat pusaka. Bendera pusaka disimpan di ruang sunyi di Monumen Nasional (Monas) Jakarta.
                Kiasan warna-warna bendera Merah Putih adalah Merah berarti berani dan Putih berarti suci atau bersih, jadi arti kiasan warna-warna bendera Merah Putih adalah bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berani karena dilandaskan kebenaran. Tidak memaksakan kehendak pada Negara lain, menjaga ketertiban dan persaudaraan dunia.

0 komentar:

Posting Komentar